Wednesday, July 17, 2013

Makanan tinggi gula `dikaitkan dengan kanker usus`

London: Ngemil makanan manis seperti biskuit, kue, minuman bersoda, keripik dan makanan penutup dapat meningkatkan risiko kanker usus, sebuah penelitian di Inggris baru menunjukkan.
Peneliti menyelidiki berbagai faktor termasuk pola makan, tingkat aktivitas fisik dan merokok pada pasien kanker usus Skotlandia.Mereka menemukan hubungan dengan beberapa faktor risiko mapan kanker kolorektal - seperti riwayat keluarga kanker, aktivitas fisik dan merokok.

Temuan mereka juga mengidentifikasi faktor-faktor baru, termasuk makanan ringan berenergi tinggi, `BBC News` melaporkan.Penelitian yang menggunakan data dari Skotlandia Studi Kanker Kolorektal, dikatakan menjadi yang pertama dari jenisnya untuk menemukan hubungan positif antara kanker usus dan diet tinggi makanan manis dan berlemak.

Para ilmuwan di Aberdeen dan Edinburgh universitas memandang diet dari 2.000 pasien kanker usus dan membandingkannya dengan makanan dan minuman asupan populasi yang sehat berukuran sama.

Mereka memeriksa lebih dari 170 makanan, termasuk buah, sayur, ikan dan daging, serta makanan ringan berenergi tinggi seperti cokelat, kacang-kacangan dan keripik dan minuman buah termasuk buah labu. Pola diet Barat yang ditemukan terkait dengan risiko kanker kolorektal meningkat sedangkan pola diet sehat ditemukan terkait dengan penurunan risiko.

1 comment: